Tuesday, June 4, 2013

trik mengatasi kesulitan bahasa ketika kita berpergian ke luar negeri

Bahasa merupakan hal utama ketika berhubungan dengan orang lain. Ketika liburan, haruskah saya belajar bahasa tempat yang saya kunjungi dahulu ? Jawabannya bisa jadi iya atau ngga. Namun , tentunya saya tidak mungkin belajar 8 bahasa kan ?

Nyaris tidak mungkin saya belajar bahasa dalam waktu satu minggu sebelum liburan. Salah sedikit mungkin bisa dimaafkan. Tapi , yang paling penting adalah , bagaimana supaya saya tidak malu ketika salah berucap.

Di beberapa negara, terutama eropa. Bahasa bisa jadi sangat diagungkan, contohnya Denmark tidak mau menerima kesalahan orang yang berbicara salah dalam bahasa Dannish.  Di Indonesia mungkin tidak terlalu masalah, beda tempat beda budaya bukan ? Nah begitupun dengan saya, dalam berbahasa inggrispun  saya biasanya kesulitan dalam verb dan conversation. Tidak bisa membaca symbol symbol pengucapkan yang ada dikamus-kamus advance. Ada American English ada pula British English, ada lagi Australian English. dan terakhir biasanya saya mau ngomong pun takut salah.

Bahasa merupakan kendala utama bagi sebagian orang yang ingin bertraveling, namun sayang bukan bila gara-gara saya takut tidak bisa berkomunikasi, saya tidak bisa melihat indahnya dunia ini. tapi saya mempunyai trik untuk mengatasi masalah itu semua.


1.Yang lebih penting dari bahasa? ETIKA!

Manner adalah segalanya, ketika berada di negeri orang usahakan selalu ramah dengan mengatakan ‘ hello ‘ ketika bertemu, terimakasih ketika mendapat sesuatu, dan sama-sama ketika orang lain mengucapkan terimakasih. Ini adalah hal dasar dalam etika. Semua orang di dunia memiliki hal ini dalam kulturnya.  Pelajarilah kultur sebelum kita belajar bahasa.  Hal ini dilakukan setidaknya agar kita mendapatkan respek mereka, karena ketika mereka respek dengan kita, maka mereka akan berusaha mengerti apa yang kita ucapkan.  

 2.Pelajari 5 Frase mudah ini.

Apa kata-kata yang harus kita pelajari pertama kali ? 5 frase penting yang harus kita tahu di setiap bahasa adalah , ‘ Dimana kamar mandi/Where ‘the Bathroom?’, “ Berapa harga barang ini/How much does it cost’, ‘ Excuse me’, ‘ Makanan nya enak/The food is good!’ dan frase paling penting adalah ‘ Do you Speak English ?’. Kenapa harus Inggris? Karena paling universal.  Ingat,  grammar tidak akan terlalu kita ingat ketika berbicara bukan ? sebaiknya kita menyimpan berbagai versi Frase-frase ini di dalam Hp  juga pengucapannya.

 3.Pelajari cara mengucapkan

‘huh?’ ini merupakan ekspresi orang yang tidak mengerti sesuatu yang anda katakan, tidak enak bukan ketika anda sudah bertanya, tetapi orang yang kita Tanya tidak mengerti apa maksud kita. Pelajari betul-betul cara mengucapkannya, check di situ Http://Forvo.com untuk kamus audio yang bisa menjadi acuan kita ketika mengucapkan satu frase.  . 


 4. Teknologi!

Teknologi merupakan andalan semua orang. Siapa yang tidak bisa bahasa asing ketika Teknologi bertindak. Sekarang ini, kita dapat memanfaatkan kamera anda sebagai kamus , cukup arahkan kamera kita ke satu tulisan, dan tulisan tersebut akan berubah sesuai bahasa yang sudah kita setting. Google Goggles adalah salah satu alat yang bisa anda andalkan.

Jibbigo bisa jadi sangat membantu, anda tinggal hidupkan aplikasi tersebut, dan aplikasi tersebut akan mentranslate kata-kata kita dalam sebuah tulisan yang sudah kita setting.

Begitu canggih bukan, maka bahasa bukan kendala untuk bisa jalan-jalan ke negeri yang belum kita kenal sekalipun. 

5. Samakan kata-kata dengan bahasa yang kita mengerti

Trik ini mungkin sudah tua , tapi berhasil. Indonesia banyak menyerap bahasa dari berbagai negara. Maka tidak heran, banyak kata-kata dari Bahasa Indoensia yang sama dengan bahasa asing. Ini merupakan suatu keuntungan bagi kita, karena kita bisa mengingat-ingat bahasa yang sama dengan Bahasa Indonesia yang kita mengerti.

6.Andalkan seseorang yang sepertinya mengerti pelafalan kita.

Mungkin kita tidak akan selalu bertemu orang semacam ini. Namun, bila suatu ketika kita berada di Prancis,dimana hanya sedikit orang bisa bahasa Inggris atau bahasa lainnya, dan kita bertemu seseorang yang mengerti Bahasa Inggris kita, maka kita beruntung!

Tapi perhatikan, staf hotel senior biasanya memiliki keahlian bahasa Inggris yang baik. Maka kita bisa meminta sesuatu atau bertanya sesuatu kepada staf ini.

1 comment: